Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Beberapa bulan kebelakang ini, saya sedang mengamati beberapa hal terkait kehidupan saya. Dan juga dalam beberapa bulan kebelakang, saya mengalami titik rendah di hidup saya pada tahun ini. Ibadah banyak ditinggalkan, hidup mulai berantakan, dan banyak hal lainnya yang membuat saya seperti “orang gila”. Saat seperti inilah banyak orang mulai terjebak untuk menyerah pada hidupnya, dan lalu “masa bodo” dengan hal yang lainnya.

Saya bertaruh, Anda pasti pernah mengalaminya, bahkan mungkin ada beberapa diantara Anda yang sedang mengalami masa masa down di dalam hidup. Segalanya kacau balau, tidak tahu tujuan mau kemana, pokoknya hidup serasa blank semuanya.

Tapi bukan masalah namanya kalau tidak ada jalan keluarnya, karena masalah itu ada bersamaan dengan jalan keluarnya. Tapi jalan keluarnya itu hanya bagi orang yang mau menghadapi masalah. Kalau kita mau menyelesaikan masalahnya, maka ya otomatis kita diberikan juga jalan keluarnya.

Nah, jika memang masalah Anda terlalu banyak, saran saya pribadi bagi Anda yang juga sekarang mengalami hal seperti saya pada beberapa bulan belakangan ini, selesaikanlah satu per satu. Awalnya memang berat bagi saya untuk menghadapi semua masalah yang datang, tapi saya coba selesaikan satu per satu, bahkan tidak sedikit ada beberapa kesempatan-kesempatan baik yang harus saya tinggalkan (beberapa diantaranya berkaitan dengan masa depan hidup saya).

Kalau memang masalah tersebut terlalu besar untuk diselesaikan, maka cobalah untuk mem-breakdown masalah tersebut menjadi sebuah masalah-masalah kecil yang juga mempunyai jalan keluar.

InsyaAllah jalan keluar dari masalah tersebut terbuka lebar dan bisa kita hadapi.

Postingan ini sebenarnya hanya postingan asal saja karena saya sudah lama tidak menulis, dan sepertinya saya ingin menulis lagi dalam beberapa waktu kedepan. Kapan-kapan saya akan share banyak terkait dengan kehidupan.

Semoga bisa menginspirasi Anda
Alhamdulillahirabbil’alamiin…