Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Manusia seringkali terjebak dengan prioritas, lalu bingung mana yang harus di didahulukan, kalau salah menentukan prioritas, ya bisa kacau jadwal seharian atau bahkan bisa seminggu ke depan. Nah, saya pernah baca di suatu buku, ternyata urutan prioritas itu ada 4 (kalo temen-temen mau nambahin ya silahkan).

Penting dan Mendadak

Contohnya, kita lagi butuh uang, dan kita minjem lah sama temen. Akhirnya kita di kasih pinjeman uang, dan tiba2 besok yang mau minjemin uang mau ketemu (cuma bisa besok). Nah ini harus kita masukin ke prioritas paling atas, karena penting (kita butuh uang), dan juga mendadak (harus besok).

Penting dan TIDAK Mendadak

Contohnya, tiba-tiba ada SMS dari Client “Pak, kita harus secepatnya ketemu, karena saya mau kasih overview project saya”, lalu kita bales sms tersebut, “Ok, siap Pak. Boleh tau kapan ketemuannya?”, lalu dia bales “Baik Pak, nanti akan saya infokan lagi, saya masih di luar kota”
Nah yang model-model kayak gini, masuk prioritas kedua, iya emang penting, yang di omongin masalah kerjaan, tapi waktunya tidak mendadak, jadi ya bisa dimasukkan ke urutan ke dua.

TIDAK Penting dan Mendadak

Contohnya, temen kita tiba-tiba nelpon, “Bro, gua lagi butuh uang banget nih, bisa pinjem ga sekitar 2 juta? Kalo ga dapet dalam 3 hari, bisa gawat nih”, lalu kita bales “Ok ada, emang buat apa duitnya?”, “Iya nih buat nonton konser”.
Nah, ini nih yang paling belagu. Ngapain coba mendadak, tapi ga penting. Minjem uang cuma buat nonton konser aja. Hehehe

TIDAK Penting dan TIDAK Mendadak

Contohnya, ini sering juga kejadian sama kita-kita. Kebanyakan hal yang kita lakukan dan kita rencanakan itu tidak penting dan juga ga mendadak. Semacem kumpul-kumpul ga jelas yang waktunya juga ga jelas, yang manfaat nya juga ga bisa diambil “Bro kumpul2 yuk kalo ada waktu luang”, akhirnya 3 bulan berlalu, dan kumpul2nya ga jadi juga.

Saran saya, untuk nomor 4, mending ga usah dimasukkan ke To-Do List kita, serius cuma buang2 waktu aja. Hidup kita masih bisa kita optimalkan untuk urusan nomor 1-3.

Semoga bisa menginspirasi Anda
Alhamdulillahirabbil’alamiin…