Bismillaahirrahmaanirrahiim…

5 tahun silam, atau lebih tepatnya saat saya masih mulai merintis berbisnis di internet, saya masih berfikiran kalau saya harus bisa mendapatkan uang dari internet. Bukan hanya itu, saya juga mencari cara agar apa yang lakukan semuanya harus minim keluar uang. Artinya, saya hanya keluar uang untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Akhirnya, tanpa sadar selama beberapa tahun saya menjadi orang yang bermental miskin. Saya masih menggunakan Windows bajakan, saya masih menyimpan lagu hasil download dari internet (meski sekarang juga masih ada beberapa), jika ada update ilmu Internet Marketing terbaru, saya lantas sering mencari download yang sudah tersedia tanpa pernah menghargai sedikitpun karya-karya mereka.

Bisa dibilang, mental miskin itu adalah mental yang hanya mau gratisan saja, bahkan kalau bisa tidak usah mengeluarkan uang sepeserpun! Betapa jahatnya saya dulu telah merampas hak-hak orang lain, tidak menghargai karya-karya mereka.

Sekitar hampir 3 tahun lebih bisnis online saya hanya berjalan ala kadarnya, tanpa ada penaikan yang signifikan. Akhirnya saya mulai sadar kenapa bisnis saya tidak ada kemajuan sama sekali. Mungkin salah satunya karena tidak ada eskalasi bisnis, itu juga benar. Tapi untuk bisnis online saya yang dulu, saya juga sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Tapi saya menyadari bahwa ada gangguan mental pada diri saya yang salah. Saya mulai mencari tahu, dan perlahan saya mendapati bahwa di dalam dunia ini, ada yang namanya hukum sebab akibat. Apa yang saya lakukan, tentu akibatnya akan saya dapat. Kalau saya melakukan sesuatu yang benar, maka hasilnya pun akan benar. Jika salah, ya saya dapat akibat yang salah juga.

Mungkin saja dulu saya sering tidak adil pada hak-hak orang, sering melakukan download ilegal dan beberapa kejahatan-kejahatan digital lainnya. Tapi akhirnya saya sadar dan segera dengan cepat merubah hidup saya.

Saya mulai menghapus semua lagu-lagu yang ada di komputer saya, saya mulai menghargai karya-karya orang lain dengan membeli nya dan saya simpan dengan bangga, saya merasa percaya diri dengan menghargai karya mereka, saya mulai membeli Windows asli dan juga office asli.

Benar saja, ternyata penghargaan saya kepada mereka membuahkan hasil, hidup saya mulai berubah, mulai bisa merasakan ketenangan, mulai bisa jalan-jalan tanpa saya harus terikat dengan aktivitas menjemukan. Saya mulai menyadari bahwa saya sudah meninggalkan mental miskin saya, dan mulai berubah ke arah mental kaya.

Jika kita lihat, orang kaya selalu saja lebih banyak memberi daripada “meminta”, dibanding orang-orang miskin di jalanan yang hanya bisa meminta dan terus meminta. Itulah kenapa orang kaya semakin kaya, dan orang miskin ya semakin miskin. Semua pasti ada sebab dan akibatnya.

Tapi jangan salah, kadang punya banyak uang juga belum tentu bermental kaya. Banyak teman-teman saya yang sudah menghasilkan puluhan ribu dollar per bulan nya, ternyata masih mengkonsumsi barang bajakan, masih download illegal, masih menggampangkan urusan hak orang lain. Sungguh saya sangat menyayangkan hal tersebut.

Untuk Anda yang sekarang sedang membaca sebagian kisah kecil saya ini, jika memang Anda sekarang memiliki mental miskin, segeralah berubah. Memang nyaman menjadi orang yang terus-terusan bisa dikasih, tapi percayalah lebih enak mempunyai mental kaya yang kapanpun bisa sharing kapanpun kita mau, dan berkahnya juga akan lebih besar.

Jika memang saat ini tidak mampu untuk membeli atau menghargai karya orang lain, tunggu lah sampai kita bisa membelinya, atau gunakan alternatif lain yang ada. Jika berkaitan dengan software komputer, cobalah untuk cari versi open source atau versi free, atau bisa gunakan versi trial dari software tersebut. Bukan malah mencari bajakan 🙂

Percaya deh, beli software asli itu menyenangkan. Kapanpun kita ada masalah, tinggal kontak saja mereka, dan mereka dengan senang hati akan membantu kita. Dan percaya juga, bahwa jadi orang yang lebih sering memberi itu rezekinya jauh lebih banyak daripada orang yang hanya bisa meminta-minta.

Semoga kita semua bisa merubah diri kita lebih baik, dari mental miskin ke mental kaya.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…