Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Rindu rasanya ketika kebiasaan saya setiap hari menulis di Blog saya ini, tiba-tiba tidak dapat dipenuhi karena secara tiba-tiba hosting website saya diserang virus, yang membuat data pada hosting saya corrupt, sehingga pihak hosting membanned akun saya.

Setelah berdebat berlama-lama dengan pihak hosting, mereka memberikan saya 2 alternatif, yang keduanya tidaklah mengenakkan hati saya. Kedua opsi tersebut adalah:

  1. Anda boleh dapatkan data Anda, tapi Anda kami blacklist dari hosting kami.
  2. Anda boleh tetap berlangganan dengan kami, tapi file-file Anda akan kami hapus.

Jika Anda ada di posisi saya, manakah yang akan Anda pilih? Tetap memilih dengan pilihan yang disediakan? Atau mencoba cara lain sehingga data Anda tetap selamat, namun Anda tetap dapat berlangganan di hosting tersebut?

Jujur, hosting yang saya pakai ini termasuk yang saya sukai, karena semenjak saya berlangganan sekitar 3 tahun yang lalu, sekalipun saya belum menemukan error ataupun kerusakan fatal dari pihak hosting. Jadi kejadian yang menimpa saya beberapa bulan yang lalu, yang menyebabkan semua data-data saya terkena virus itu karena ada 1 website yang berada di hosting saya yang belum di update versi WordPress nya, sehingga ini kesempatan terbaik bagi para bug finder mengeksploitasi situs-situs yang sudah outdated.

Akhirnya, saya biarkan pilihan itu menggantung beberapa hari. Sampai saya teringat kembali bahwa saya meyakini ada pilihan ketiga dari 2 pilihan, dan ada pilihan keempat dari 3 pilihan. Ya! Masih ada jalan lain untuk bisa menyelamatkan data saya dan juga saya masih berkesempatan berlangganan di hosting yang saya sukai ini.

Akhirnya saya langsung bernegosiasi dengan cara saya. Setelah berhari-hari melakukan negosiasi, akhirnya pihak manager hosting yang langsung turun tangan menangani case saya ini. Dan dia mengizinkan saya untuk tetap bisa berlangganan hosting di tempat mereka, dan juga saya di izinkan untuk mengambil data-data saya. Alhamdulillah

Dan inilah Blog saya sekarang. Kembali normal, setelah saya mensortir beberapa file yang perlu saya upload kembali dan juga saya scan sehingga kemungkinan virus masuk akan sangat kecil. Ya semoga saja kedepannya saya bisa terus memberbaiki Blog saya ini, karena saya memang suka berbagi, jadi tidak ada alasan lagi untuk saya untuk tidak berbagi kepada Anda semua.

Dan, terakhir, pesan saya untuk Anda semua yang memiliki hosting ataupun website. Backup-lah data Anda secara berkala, karena kita tidak pernah tahu kapan serangan virus akan datang. Janganlah meremehkan hal-hal kecil, karena justru kita sering tersandung oleh batu kecil.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…