Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Dalam hidup, kita sering dinasihati oleh siapa saja, oleh teman kita, sahabat, pasangan hidup, bahkan sampai yang paling terdekat, yaitu keluarga kita.

Ada beberapa nasihat untuk diri kita yang memang ketika disampaikan, kita enak mendengarkannya. Namun ada beberapa yang kurang enak untuk didengar, apalagi nasihat tersebut dilontarkan di khalayak ramai.

Sebenarnya, mau nasihat itu baik ataupun tidak baik (maksudnya nasihat itu sesuai dengan kita, tapi kitanya yang tidak suka), itu adalah bentuk rasa sayang orang lain terhadap kita. Karena dinasihati oleh mereka-lah, kita seharusnya bersyukur dan berterima kasih.

Karena nasihat yang mereka berikan merupakan bentuk sayang, peduli dan sekaligus perhatian kepada kita. Peduli kepada kita bahwa semoga atas nasihat yang diberikan oleh mereka, kita bisa berubah.

Bukankah mereka yang memberi nasihat seperti itu sudah dipastikan orang yang baik? Mereka memberikan nasihat dengan harapan kita bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Kita bisa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dari diri kita.

Nasihat Baik

Nasihat Baik (sumber: http://raudhatulqaanitah.wordpress.com/)

Bahkan sekalipun nasihat yang dilontarkan itu tidak mengenakkan bagi kita, itu bisa adalah nasihat yang amat sangat kita butuhkan.

Jika ternyata ada nasihat yang diberikan oleh orang lain dan dengannya kita merasa marah atau tertekan, bisa jadi itu adalah nasihat yang sangat kita butuhkan.

Contoh saja, seorang perokok hampir 90% ketika dinasihati untuk tidak merokok selalu marah. Entah kenapa mereka bisa marah, saya tidak pernah mencari tahu tentang itu. Tetapi jika si perokok mau menggunakan akal pikirannya sedikit saja, dan menganggap bahwa nasihat yang diberikan kepadanya adalah bentuk kasih sayang terhadapnya, seharusnya mereka lebih mengerti.

Nasihat itu ternyata yang si perokok butuhkan. Karena yang menasihati sangat peduli terhadap kesehatan si perokok tersebut, bahwa merokok itu tidak baik loh, bahwa merokok itu merusak kesehatan. Tetapi fenomena sekarang, tetap saja banyak orang yang merokok ketika dinasihati malah marah.

Jika saja pikiran kita lebih terbuka terhadap nasihat, jika saja kita mau menggunakan pikiran kita untuk berfikir lebih jauh, jika saja setiap nasihat yang diberikan kepada kita, kita pikirkan baik-baik terlebih dahulu, InsyaAllah semua nasihat yang diberikan kepada kita, itu adalah nasihat yang baik.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…