Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Saya tiba-tiba teringat oleh perkataan salah satu guru saya di suatu kelas. Beliau berkata “Hidayah itu hadir setiap saat”. Persisnya kata-katanya seperti itu. Dari perkataan tersebut beliau sampaikan berulang-ulang kali, layaknya ingin menegaskan bahwa hidayah itu tidak seharusnya kita tunggu, tetapi hidayah itu selalu hadir setiap saat.

Tugas kita lah yang seharusnya lebih peka, kita seharusnya melatih pikiran kita, hati kita, mata kita untuk melihat lebih jauh, telinga kita untuk mendengar lebih peka. Dan semua itu bisa kita lakukan jika kita memang peka, jika kita memang ingin mendapatkan hidayah.

Jadi, sudah seharusnya kita menangkap sinyal-sinyal hidayah yang sudah Allah berikan kepada kita, bukan menunggu hidayah. Sebuah contoh sederhana yang datang dari salah satu gadis ber-rambut panjang yang belum berhijab, dengan alasan “saya belum siap”, “hijab hati dulu, baru tubuh”, dan bermacam-macam alasan lainnya. Padahal, mungkin jika gadis tersebut mau untuk melihat sekitar, untuk mengamati sekitar, sudah banyak sekali lingkungan sekitar nya yang sudah berhijab.

Hidayah Datang Setiap Saat

Hidayah Datang Setiap Saat (sumber: http://creativekhalifah.tumblr.com)

Jadi Allah sudah memberikan hidayah-Nya melalui wanita-wanita yang sudah berhijab tersebut. Allah hadirkan tepat di sekeliling gadis yang belum berhijab tersebut. Hanya saja, sang gadis belum sadar diri terhadap lingkungannya.

Atau mungkin seorang perokok yang di dalam hatinya sudah ada sedikit keinginan untuk berhenti merokok, dan tentunya sudah berdoa memohon untuk dibukakan hidayah agar bisa berhenti merokok. Di sekitarnya pun sudah banyak orang yang mensupport dia untuk berhenti merokok.

Tetapi jika si perokok tersebut tidak menyadarkan dirinya, atau tidak peka terhadap lingkungan, tidak mau melihat lebih luas akan hidayah-hidayah yang sudah Allah berikan. Maka doa-doa yang dia panjatkan tadi itu hanya sebatas doa saja. Padahal Allah sudah memberikan hidayah-Nya melalui lingkungan-lingkungan sekitar.

Sepertinya masih banyak sekali contoh-contoh realita di sekeliling kita yang saat ini bermasalah dengan hidayah. Saya pun dan juga Anda mungkin salah satunya. Tugas kita sekarang adalah membuat diri kita lebih peka terhadap lingkungan sekitar, lebih “melek” untuk melihat, dan lebih banyak mendengar, memperhatikan sekitar. Karena Hidayah Allah itu datang setiap saat.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…