Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Dengki. Kita mungkin atau bahkan sering mengalami penyakit hati yang satu ini, yang kehadirannya sangat amat menyiksa batin kita. Tetapi kita sebagai pelakunya tidak sadar akan sesungguhnya penyakit berbahaya ini.

Biasanya orang yang dilanda dengki ini, apapun yang dilakukan oleh orang terdekatnya, selalu saja iri, selalu saja tidak suka, selalu saja mencari alasan-alasan lain yang mendukung pembenarannya. Padahal, justru perasaan-perasaan itulah yang menghancurkan hatinya.

Orang yang dengki biasanya cenderung tidak suka melihat orang terdekatnya lebih bahagia daripadanya, lebih sukses daripadanya. Padahal, sebagai manusia wajar dan normal, kita sudah seharusnya berbahagia apabila salah satu saudara kita menerima kebahagiaan.

Perasaan dengki awalnya muncul saat merasa diri tidak mampu, kemudian karena ketidakmampuan diri tersebut, saat diri lemah, lalu muncullah sesosok diri lain yang ternyata lebih mampu dari diri kita, dan dari situlah timbul perasaan iri.

Iri bahwa diri kita tidak bisa lebih baik daripada orang yang kita iri-kan tersebut. Nah dari perasaan iri tersebutlah lahir perasaan dengki, yang sejatinya merusak segala amalan-amalan hati, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Sebab dengki ibarat kebocoran yang terjadi pada sebuah ember, sederas apapun kita mengisi air, kalau ember tersebut bocornya tidak ditambal, ya airnya tidak akan penuh. Begitupun dengan dengki, sebesar dan sebanyak apapun kita melakukan amalan, kalau hati kita memiliki perasaan dengki, amalan-amalan yang kita lakukan akan terbuang sia-sia begitu saja.

Rezeki pun demikian, hanya numpang lewat bahkan, hanya setetes saja bahkan yang sanggup mampir pada diri kita. Yang seharusnya mendapatkan banyak rezeki, dengan dengki, rezeki itu pun hilang nan tak berbekas.

Dengki Penghalang Rezeki

Dengki Penghalang Rezeki (sumber: http://superior.blogspot.com/)

Artikel ini menjadi pengingat bagi diri saya pribadi khususnya, dan untuk Anda semua yang mungkin saat ini sedang dilanda penyakit yang satu ini. Segeralah untuk mengintrospeksi diri, untuk memperbaiki diri. Dan sadarilah bahwa dengki hanya akan membuat kita berdiam di tempat.

Untuk tips menghilangkan dengki, salah satunya bisa Anda baca di artikel ini, selain itu kita juga bisa menghilangkan dengki dengan banyak-banyak bersyukur, dan juga lebih pasrah diri bahwa kesuksesan kita itu terjadi atas izin Allah. Jika orang-orang terdekat kita ternyata lebih sukses, bisa jadi karena mereka berusaha lebih giat dari kita, dan kitanyalah yang kurang berikhtiar. Selalulah dalam keadaan positive thinking setiap waktunya.

Ketahuilah, dengki bisa menjadi penghalang rezeki, dengki bisa menyebabkan penyakit hati, dengki bisa menyebabkan perpecahan, dengki bisa menyebabkan putusnya tali silaturahim, dan masih banyak lainnya efek buruk dari dengki.

Mari hilangkan perasaan dengki tersebut.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…