Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Biasanya, seorang muslim mengucapkan Alhamdulillah jika mendapatkan sesuatu yang mereka impi-impikan. Atau mendapat sesuatu yang tak diduga, dan itupun biasanya diucapkan ketika ingat, kalau lupa yah ucapan tersebut biasanya terlewat saking senangnya (semoga kita tidak termasuk orang yang lalai berdzikir).

Tidak sedikit juga yang mengucap kata tersebut saat dalam keadaan tidak susah, saat susah kata-kata tersebut jarang sekali bisa dilantunkan. Seyogyanya, ucapan tersebut haruslah mengalir setiap hembusan nafas kita, karena apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita, tidak akan sanggup kita hitung.

Akan tetapi, belum cukup sampai disitu saja, sebisa mungkin haruslah ada action nyata dari kita atas bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Jadi tidak hanya sekedar dilisankan saja, tetapi ada amal nyata perbuatan atas rasa syukur kita terhadap pemberian Allah.

Bersyukur

Bersyukur (sumber: http://tipsorangsukses.blogspot.com)

Misalkan, setiap harinya kita masih diberikan kesehatan optimal oleh Allah, setelah bersyukur mengucap Alhamdulillah, sebisa mungkin kita juga harus menjaga kesehatan yang telah Allah amanahkan kepada kita. Karena masih banyak loh orang-orang diluar sana yang saat ini berbaring di rumah sakit memohon untuk diberikan kesembuhan. Sudah sepatutnya, kita tunjukkan amal nyata kita atas perasaan bersyukur kita.

Jadi untuk kita yang sering bersyukur mungkin akan lebih naik lagi tingkatan level bersyukur kita kepada Allah, dengan cara mengoptimalkan, menjaga, dan melakukan sesuatu atas pemberian Allah.

Kira-kira, jika kita punya baju berlebih dan diberikan ke orang lain, tentu orang itu akan senang bukan dengan pemberian kita? Tentu saja. Dia berucap “Terima Kasih ya atas pemberian bajunya, saya sangat suka ini”. Kita pun terharu mendengar kata-katanya.

Tetapi, berhari-hari kemudian, baju tersebut ternyata tidak dipakai olehnya, sampai bertahun-tahun lamanya, baju tersebut tidak dipakai juga oleh orang tersebut. Kira-kira, apakah selanjutnya kita akan memberikan baju lagi kepada orang tersebut?

Silahkan direnungkan baik-baik.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…