Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Setiap segala sesuatu ada aturannya yang sudah semestinya kita ikuti dan taati. Aturan dibuat untuk kita taati bersama, bukan untuk dilanggar. Karena pembuat aturan peduli dengan mereka yang menggunakan aturan tersebut, agar tidak terjadi kesalahan. Itulah fungsi dari aturan.

Ironisnya, hampir di atas 70% orang tidak terlalu peduli dengan aturan. Baik itu aturan yang berguna bagi mereka, ataupun aturan yang memang tidak berguna dan tidak penting bagi mereka. Padahal sejatinya, aturan itu demi kepentingan bersama.

Sebagai contoh, saya sebagai seorang WordPress Theme Developer yang biasa bekerja sebagai pembuat theme WordPress, saya berusaha semaksimal mungkin untuk mematuhi aturan-aturan tata cara membuat theme. WordPress menyediakan banyak aturan yang harus dipakai untuk para developer-nya. Dengan tujuan agar, supaya kode yang ditulis bisa dikenal oleh para developer lainnya, dan juga supaya sesuai dengan standarisasi WordPress, sehingga akan meminimalisir kerusakan.

Tentu tidak semua orang setuju dengan aturan yang sudah ada. Oleh karena itu bisa kita lihat banyak sekali orang yang ‘masa bodo’ dengan aturan. Mereka dengan seenaknya saja melanggar aturan, tanpa tahu akibatnya.

Bolehlah dia tidak kenapa-kenapa melanggar aturan, tetapi pihak lain akan merasa dirugikan. Sudah melanggar aturan, menyebabkan hal buruk menimpa orang lain. Jelas sudah mereka melakukan 2 kesalahan besar.

Aturan, sebagaimanapun tidak terlalu berarti bagi kita, taatilah semampu kita. Jika kita sudah mengetahui tentang aturan itu. Taatilah dengan semaksimal, semampu kita.

Menyebranglah di tempat penyebrangan yang sudah disediakan, pakailah helm pada saat berkendara, buanglah sampah pada tempatnya, berhentilah sebelum garis putih pada lampu lalu lintas, jangan mengambil jalur trotoar, dan masih banyak lagi aturan-aturan sederhana tetapi sangat fatal sekali bila dilanggar.

Tidak perlulah menjelek-jelekkan negara ini, jika kita masih saja melanggar aturan-aturan yang ada. Sadar diri jika kita masih sering melanggar. Perbaiki diri dengan terus melakukan pembenahan diri untuk bisa menaati aturan yang ada.

Hargai para pembuat aturan, mereka-lah orang-orang yang peduli akan keindahan, ketertiban, keteraturan. Hargai dengan menaati aturan yang telah dibuat. Dengan demikian saya yakin pastinya hidup ini akan jauh lebih teratur dan lebih tertib. Mulai dengan diri sendiri, dan ajaklah orang lain untuk menaati aturan.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…