Bismillaahirrahmaanirrahiim…

“hidup santai aja, biarkan aja hidup mengalir seperti air”

Wah, sebuah kata-kata populer yang seringkali diucapkan oleh orang yang tidak memiliki impian dan tujuan. Kata-kata yang menjadi tameng atas hujatan dari orang-orang. Alasan yang dibuat seolah benar, padahal jika ditelaah lebih lanjut, kata-kata tersebut tidaklah pas.

Bila hidup kita biarkan saja seperti air yang mengalir, maka jika air itu menuju selokan atau yang biasa disebut comberan, apakah mau hidup kita seperti itu? Tentunya tidak. Hidup seperti air memang sangat baik, tapi janganlah dibiarkan mengalir ke comberan.

Air yang baik pasti akan berkumpul dengan air yang baik pula, air yang tidak baik, sisa pemakaian orang, tentu akan berkumpul di satu tempat pula. Tentunya jika hidup adalah air, dan kita tidak mau air yang kita anggap sebagai hidup adalah air yang mengalir ke comberanmaka aturlah aliran air itu.

Aliran air itu adalah aliran-aliran yang biasanya berkumpul sesuai dengan aliran-aliran tertentu. Jika aliran itu buruk, pastinya air akan berkumpul dengan aliran yang buruk pula. Jika aliran baik, air pasti akan mengalir ke tempat yang baik pula.

Janganlah membiarkan hidup kita mengalir begitu saja, mengalir ke arah negatif, mengalir ke comberan, hidup kita terlalu sayang jika kita membiarkan hidup kita, kita sengajakan untuk dialirkan ke tempat negatif.

Jadilah aliran-aliran yang baik, menujulah ke tempat aliran-aliran orang yang baik. Dengan begitu hidup kita pun akan bersama dengan aliran-aliran orang yang baik, yang ber visi baik pula.

Hindarilah perasaan nyaman, karena biasanya perasaan nyaman adalah musuh terbesar, perasaan nyaman lah yang akan mengantarkan hidup ini mengalir begitu saja.

Jauhilah hidup kita dari perasaan nyaman, jauhilah aktifitas-aktifitas yang hanya akan mengantarkan kita ke aliran-aliran negatif. Sekali lagi, tidaklah mengapa menganalogikan hidup ini seperti air, hanya saja, janganlah sampai kita merelakan hidup kita seperti air yang mengalir ke comberan.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…