Bismillaahirrahmaanirrahiim…

“Kalau tidak tahan dengan penderitaan sesaat untuk menjadi lebih baik, bersiap-siaplah mengalami penderitaan panjang karena penyesalan”

Banyak yang mengeluh tentang kesabaran yang sedang mereka alami. Banyak juga yang tidak mengeluh walaupun berbagai macam cobaan datang. Masing-masing orang memiliki karakteristik yang unik dalam menghadapi ujian yang datang kepada dirinya.

Namun, sebenarnya kesuksesan itu tidak semudah yang banyak orang ucapkan. Sukses itu tidak mudah, jika sukses itu mudah, maka sukses tentu tidaklah menarik bagi kita. Sulitnya sukses-lah yang menjadikan orang semakin tertantang dengannya.

Dibalik kesuksesan tentunya banyak sekali penderitaan-penderitaan yang orang hadapi, itu salah satu bentuk ujian yang mau tidak mau harus dihadapi dalam keadaan apapun.

Hadiah dari ujian itu adalah kesuksesan. Namun konsekuensi yang hadir akibat tidak mau mengambil ujian tersebut adalah bisa-bisa kita semakin mengalami penderitaan yang panjang. Lebih panjang daripada ujian kesuksesan.

Merasa menderita sesaat untuk sebentar lagi menuju sukses itu sangatlah wajar. Yang tidak wajar adalah mengeluh tentang penderitaan tersebut kepada orang banyak, yang hanya akan menurunkan citra diri kita dihadapan orang banyak.

Diri kita berharga, janganlah menjatuhkan citra diri kita dihadapan orang lain dengan memamerkan kesulitan-kesulitan kita dihadapan orang lain. Anggaplah penderitaan yang kita hadapi sekarang ini sebagai bentuk ujian yang ALLAH berikan kepada kita. Jika kita mampu melewati penderitaan sesaat ini, tentu kita akan lebih mudah meraih kesuksesan yang sudah kita idam-idamkan selama ini.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…