Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Tidak akan pernah ada satupun masalah yang dihadirkan ALLAH tanpa alasan, ALLAH hanya ingin kita sedikit mengingatNYA

Begitulah bagaimana masalah bisa hadir dalam hidup kita, masalah akan selalu hadir kepada siapapun orangnya. Hanya saja, bentuk dan bobot masalahnya berbeda-beda setiap orangnya.

Satu hal yang selalu saya ingat tentang masalah adalah bahwa dibalik sebuah masalah, ALLAH pasti menyimpan alasan mengapa ALLAH memberikan kita masalah. Mungkin saja dari suatu masalah, ALLAH hanya ingin sedikit saja kita mengingat-Nya kembali.

Dan mungkin saja, ketika kita mendapatkan suatu masalah yang ALLAH berikan kepada kita, itu karena kesalahan atau kelalaian kita. Misalkan saja di Jakarta yang sekarang sedang terkena bencana banjir, apa itu karena ALLAH semena-mena mengirimkan banjir terhadap kita? Tentunya tidak, itu karena Sistem di Jakarta tidak di tata serapih dan semaksimal mungkin. Jadilah jika hujan turun, tempat untuk air lewat tidak maksimal, yang akhirnya menyebabkan banjir. Belum lagi sampah yang selalu saja dibuang secara sembarangan.

Walaupun hanya sebuah tissue, tetapi jika yang membuang sebanyak ribuan orang, tentu ini akan menyumbat jalanan tempat air akan lewat. Dan tentunya alasan ini sangat logis dan bisa di nalar oleh kita semua.

Kita tidak bisa kabur dari masalah, masalah sudah hadir kepada kita. Mau kabur kemanapun, masalah itu akan tetap ada. Bahkan bagi orang yang sering menghindari masalah, akan selalu ada masalah baru bagi dirinya, bahkan bisa jadi untuk orang di sekitarnya.

Sebenarnya jika kita bisa melihat sebuah masalah yang ada, masalah tersebut tidak terlalu bermasalah kepada kita jika kita mau tenang menghadapi nya. Masalah yang ada bagi kita kadang terletak pada ketidakmauan kita menghadapi masalah tersebut.

Begitu masalah hadir, kita malah menyalahkan siapa saja, termasuk ALLAH pun disalahkan. Begitu diajak ngobrol sebentar, langsunglah timbul kemarahan. Namun jika kita mau introspeksi diri, pastinya akan ada jalan keluar bagi masalah tersebut, hanya jika kita mau menyelesaikan masalah tersebut, masalah juga kan seperti puzzle, yang harus kita susun. Walaupun kadang agak lama, tetapi pasti jika kita mau menyusunnya, akan selesai.

Jadi… jika selanjutnya kita mendapatkan masalah yang hadir kepada kita, segeralah introspeksi diri. Mungkin saja kita telah melakukan dosa, maksiat atau hal-hal yang tidak ALLAH sukai, sehingga ALLAH menegur kita melalui masalah. Yakinlah bahwa masalah yang ALLAH hadirkan kepada kita itu dengan tujuan baik, yaitu ALLAH ingin kita sedikit saja mengingat-Nya.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…