Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Masalah yang hadir di dalam setiap kesempatan hidup kita itu tidak lain karena ALLAH ingin kita sedikit mengingat-Nya. Bukan semerta-merta kita mendapat masalah begitu saja.

Intinya, masalah itu ada karena memang ALLAH memberikan kita ujian, atau kitalah sendiri yang mencitpakan masalah tersebut bagi diri kita dengan memancing sumber-sumber masalah.

Masalah juga sejatinya bisa diselesaikan. Karena datangnya masalah sudah pasti juga datang dengan kemudahan (jalan keluar masalah). Jika masalah yang ada pada diri kita belum juga terselesaikan, maka perlu dilakukan introspeksi diri kita lebih lanjut.

Ada 3 hal penting menurut saya yang membuat masalah kita semakin saja membesar dan tidak kunjung usai, walau kita sudah mencoba berbagai jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tidak Tahu Masalahnya

Yang ini sedikit lucu, banyak orang yang sedang mengalami masalah, tetapi sebenarnya orang tersebut tidak tahu masalahnya apa. Masalahnya saja tidak tahu, apalagi hal yang menyebabkan masalah tersebut.

Maka yang seperti ini, seperti apapun kerja keras yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah, maka tidak akan berhasil. Masalahnya saja tidak tahu, apa yang mau di selesaikan?

Jenis orang yang seperti ini kadang selalu saja salah menduga, salah bertindak, yang hanya akan berujung kepada timbulnya masalah-masalah baru.

Carilah waktu beberapa saat saja, temukan masalah yang sebenarnya terjadi. Temukan juga penyebab hadirnya masalah tersebut. Apa masalah tersebut hadir karena ulah kita, atau itu memang ALLAH yang kasih?

Jika masalah tersebut hadir karena ulah kita, segera selesaikan masalah tersebut. Cari penyebabnya, dan temukan juga jalan keluarnya. Jika masalah yang hadir karena ALLAH, segera introspeksi diri. Jangan-jangan selama ini, kita telah jauh dari mengingat-Nya.

Masalah Yang Dirasa-rasa

Sebenarnya, masalah apapun jika dipandang secara netral, maka kita bisa menyelesaikan masalah tersebut. Ingatlah bahwa ALLAH tidak memberi suatu ujian diluar batas kemampuan kita.

Nah yang sering terjadi adalah, masalah tersebut tidak begitu bermasalah. Tetapi terkadang kita sendiri-lah yang terlalu lebay menanggapi masalah tersebut. Terlalu di rasa-rasa oleh kita. Sehingga masalah yang tadinya sepele, sekarang sudah berubah menjadi masalah yang lebih besar. Terlebih jika masalah tersebut di umbar-umbar ke publik.

Masalah yang seperti ini sebenarnya bisa tidaklah terlalu sulit untuk diselesaikan, yang menjadikan sulit adalah karena kita nya yang terlalu merasakan bahwa masalah tersebut mengganggu bagi kita. Ingat, semua manusia pasti mempunyai masalah, hanya saja bentuk dan takarannya berbeda.

Masalah Yang Tidak Mau Diselesaikan

Nah ini yang menurut saya bersaudaraan dengan hal sebelumnya, sudahlah masalah kecil tersebut terlalu dilebihkan. Maka otomatis masalah tersebut menjadi besar. Karena masalah tersebut telah menjadi besar, kita dengan mudahnya tidak mau menyelesaikan masalah tersebut.

Masalah yang tidak diselesaikan hanya akan menjadi masalah dikemudian hari. Ingat sekali lagi, bahwa setiap manusia pasti punya masalah. Jadi jangan beranggapan hanya kita lah yang memiliki masalah yang berat. Semua orang punya masalah.


Itulah tadi kira-kira 3 hal yang menurut saya akan membawa petaka berlebih kepada masalah yang hadir di dalam hidup kita. Jauhi ketiga hal tersebut, sehingga kita bisa menyelesaikan masalah dengan mudah.

Ingat juga untuk mempelajari cara menyelesaikan masalah dengan mudah (Problem Solving Method). Dengan begitu, setiap masalah pasti akan bisa ditemukan jalan keluarnya, bahkan bisa lebih cepat.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…