Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Bagi beberapa orang, mungkin masa lalunya sangat mengganggunya, namun bagi beberapa orang yang lain, masa lalunya dapat dilupakan dengan mudah, baik itu masa lalu yang positif, maupun masa lalu yang negatif. Setiap orang memiliki kemampuan memori yang berbeda-beda.

Namun bagaimanapun, masa lalu yang buruk akan terus terulang kembali jika masa lalu tersebut sangat mengganggu kesehariannya. Yang tentunya akan berdampak kepada masa depannya. Jika sudah begini, sebaik apapun rencana masa depan yang sudah di susun, namun jika masa lalu masih membelenggu di hati, masih terus membayangi kita, bahkan mungkin kita tidak bisa memaafkan diri sendiri atas masa lalu yang telah terjadi, ini sungguh sangat mengkhawatirkan kita.

Saya pernah memiliki masa lalu yang tidak begitu baik untuk hidup saya, dan tentu pastinya semua orang pernah juga memiliki masa lalu yang tidak baik. Namun, ada orang yang bisa mengikhlaskan masa lalu tersebut dan terfokus kepada masa depan, ada pula yang tidak. Kalau istilah anak remaja sekarang adalah “tidak bisa move on“.

Ah iya, dulu saya pun pernah kena penyakit seperti itu, tidak bisa move on karena suatu hal. Namun akhirnya kata-kata dari Pak Dedy Susanto (Founder Pemulihan Jiwa) yang beliau bicarakan di salah satu seminar yang saya ikuti, membuat saya sadar, betapa berharganya masa depan saya dibandingkan dengan masa lalu saya.

Dari situlah, karena saya sangat sayang terhadap diri saya sendiri, saya tidak mau menyakiti diri saya sendiri dengan berlarut-larut dalam bayang-bayang masa lalu saya. Saya masih punya masa depan yang harus saya tentukan dan harus saya raih.

Bagi kita yang mungkin sering masih terbayang-bayang masa lalu, yang berakibat terhadap progress diri kita yang tertahan, tentu di dalam hati kecil kita, kita ingin sekali bangkit. Namun kekuatan yang kita miliki belum mampu untuk bangkit, karena masih ada beban yang terus kita bawa kemana-mana.

Saran dari Pak Dedy Susanto adalah dengan cara mengikhlaskan masa lalu kita. Kita masih memiliki masa depan yang cerah. Kita sayang dengan diri kita sendiri. Oleh karena itu, ikhlaskanlah masa lalu kita. Dengan mengikhlaskan masa lalu kita yang pahit tersebut, beban-beban yang selama ini kita bawa, akan terlepas dan tentunya hidup akan semakin ringan. Dari situlah kita memiliki kekuatan yang cukup untuk meraih masa depan kita.

“Seburuk-buruknya masa lalu tidak akan mempengaruhi masa depan Anda, bila Anda yakin bahwa masa depan Anda lebih penting dari apapun” – Dedy Susanto (Founder Pemulihan Jiwa)

Begitulah inti dari quotes yang Pak Dedy berikan, intinya adalah kita harus yakin bahwa masa depan kita itu lebih penting dari pada apapun, masa depan kita lebih penting daripada masa lalu kita. Jika memang kita sayang terhadap diri sendiri, tentunya kita akan mengikhlaskan masa lalu kita, dan dengan cepat meraih masa depan kita.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…