Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Di dalam hidup yang kita jalani ini, seringkali kita tersandung oleh kesalahan-kesalahan kecil yang kita telah perbuat. Dan itu terjadi berkali-kali dalam hidup kita. Bahkan jika sudah tahu itu salah pun, kita tetap mengulanginya. Dan pada akhirnya kita menyesal telah melakukannya.

Tentu setelah menyesal, keesokannya kita akan tetap melakukan hal-hal yang merugikan tersebut. Hal semacam inilah yang dinamakan ketidaksadaran di dalam hidup kita.

Sudah berapa banyak orang yang mereka sendirinya tahu bahkan paham bahwa pacaran itu sebenarnya dosa karena itu bukanlah sebuah kedewasaan, melainkan beradegan dewasa. Sudah berapa banyak orang yang tahu bahwa marah hanya akan menghasilkan rasa sesal. Setelah mereka tahu, penyesalan mereka sudah telat.

Tidak untuk mereka saja, untuk kita pun yang sama-sama mengalami hal serupa, seringkali kita terjatuh oleh hal-hal kecil seperti itu. Kenapa demikian? Karena kita kurang menempatkan kesadaran di dalam hidup kita.

Tenang saja, saya pun masih belum sepenuhnya sadar kok, banyak juga kesalahan-kesalahan yang sering saya perbuat, dan belum sadar bahwa ternyata itu memang salah. Sehingga kesalahan itu tetap saya ulangi.

Dan tentunya ini wajar bagi kita manusia, karena kita memang tempatnya salah. Tempat tidak sempurna. Tetapi bagaimanapun, kita masih tetap harus latihan sadar. Melatih kesadaran diri kita dengan sebaik-baik dan sebenar-benarnya sadar.

Sadar dalam artian bahwa jika kita mengetahui bahwa itu adalah hal yang buruk, sebisa mungkin kita harus hindarkan itu sejauh-jauh mungkin. Sebelum penyesalan datang. Biasanya setelah penyesalan datang, barulah kita sadar. Tentu ini sangat telat sekali. Sebaliknya, kita harus mengaktifkan kesadaran kita, sebelum datangnya penyesalan.

InsyaALLAH, dengan sadar kita akan terhindar dari perbuatan sia-sia, yang berujung dosa. Dengan sadar kita bisa lebih memaksimalkan potensi diri kita yang belum kita keluarkan.

Mari kita sama-sama berupaya untuk membuat diri kita sadar setiap saatnya. Dengan menjaga pikiran kita jangan sampai terlena dengan rasa nyaman, karena rasa nyaman sebenarnya adalah musuh utama penghilang kesadaran kita.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…