Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Hari ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu rumah teman SMA saya, dan sambil bercerita tentang kisah perjuangan masing-masing dalam menggapai kesuksesan kami.

sekitar 1 jam lebih saya berada di sana, dan biasanya saya dan dia duduk di pos ronda, biasanya kami sambil bermain gitar di sana. Dan berhubung rumah dia juga merangkap warung kelontong, biasanya saya ditawarkan minuman.

Ditengah-tengah obrolan, tiba-tiba banyak sekali gerombolan anak-anak SMP yang sedang naik motor mendatangi teman saya, untuk membayar iuran jaket/sweater. Dengan bergaya sok-sok keren seperti itu.

Dan yang paling tidak saya sangka-sangka, ternyata anak sekecil itu sudah merokok! Saya langsung terdiam beberapa saat, sambil memikirkan nasib mereka.

Bagaimana mungkin mereka yang masing kecil sudah mengenal rokok, sudah merokok pula di depan saya dan teman saya. Inikah yang disebut remaja Indonesia zaman sekarang? Remaja yang tidak mempedulikan kesehatan, remaja yang tidak mempedulikan tata krama.

Remaja yang tidak mengenal sosok tauladan Rasulullah. Remaja yang tidak mempedulikan hal-hal kecil. Mungkinkah generasi sekarang yang kita lihat bertebaran di jalan adalah generasi terpuruk?

Mungkinkah generasi terpuruk tersebut akan terus berlanjut sampai ke anak-cucu mereka? Jika memang terus berlanjut, maka sudah bisa dipastikan bahwa lama-kelamaan, Indonesia kita tidak akan maju jika generasi-generasi muda nya saja acuh seperti di atas.

Hal ini sangat mengkhawatirkan sekali bagi kita tentunya. Generasi muda adalah generasi penerus kita nanti kemudian, dan sejatinya mereka harus lebih baik daripada kita. Namun kenyataan yang ada memperlihatkan bahwa generasi-generasi sekarang semakin menurun saja kualitas hidupnya.

Sebagai orang yang tidak tega melihat hal seperti itu, kita haruslah menjadikan diri kita sebagai teladan bagi orang-orang tersebut, memang kenyataannya tidak bisa merubah orang banyak. Tetapi paling tidak, tidak semua orang pada nantinya akan tertular oleh kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Mari kita sama-sama memberikan contoh teladan yang baik, sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Semoga dengan adanya contoh teladan-teladan yang baik. Hal-hal buruk seperti yang sudah ada sekarang semakin terhapuskan dan tergantikan dengan hal-hal yang baik. Aamiin…

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…