Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Saat saya masih SMA, guru favorit saya, yang sudah saya ceritakan di beberapa artikel lalu, yaitu Pak Hanura Weldi, dalam satu kesempatan beliau memberitahukan nasihat yang begitu berharga. Sampai sekarang nasihat itu saya gunakan di dalam setiap langkah yang saya pilih.

Karena setiap langkah yang saya pilih terkait langsung dengan kesadaran hidup yang ada pada diri saya. Begitupun nasihat yang diberikan oleh Pak Hanura Weldi, nasihat yang selalu saja sederhana, tetapi menyimpan makna yang amat dalam.

“Kita terjauh oleh batu yang kecil, bukan oleh batu yang besar, jika kita terjatuh oleh batu yang besar, itu tandanya kita buta”

Sekilas, kata-kata tersebut sederhana, tetapi sebenarnya kata-kata tersebut menyimpan banyak arti. Dan kata-kata tersebut bisa kita jadikan salah satu bagian dari motivasi kita dalam melakukan suatu aktifitas kita.

Ya, benar saja… Kita kadang terjatuh, terpeleset, tersandung oleh batu yang kecil, bukan batu yang besar. Kenapa demikian? Dalam kehidupan nyata kita sehari-harinya, kita biasanya terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan, tergesa-gesa dalam berjalan. Hingga suatu saat kita terjatuh oleh hal-hal sepele dalam keputusan-keputusan kita.

Sayangnya memang demikian, kita terlalu sibuk dengan apa yang di depan mata kita, tetapi kita tidak memperhatikan hal-hal kecil yang ada. Padahal itu amatlah fatal bagi kita. Jika sudah terjatuh, mungkin saja rencana-rencana kita gagal, bisa jadi orang yang sedang kita temui, tidak jadi.

Batu kecil bisa juga diibaratkan terlalu menggampangkan sesuatu, sehingga hal-hal kecil yang terlihat pun dilalui begitu saja. Sampai suatu saat itu akan menjadi masalah yang besar bagi kita.

Tetapi tidak dengan batu besar. Batu besar adalah hal-hal yang selalu kita pandang sebagai hal-hal yang sudah pasti memberikan efek buruk kepada kita. Tentu kita tidak ingin kan terkena efek buruk?

Oleh karena itu kita pasti akan terhindar dari batu-batu besar. Dalam kehidupan nyata pun demikian. Saat pengendara motor terjatuh, hampir 90% terjadi karena tergelincir batu-batu yang kecil, bukan batu yang besar.

Demikianlah seharusnya kita khawatir dengan batu-batu kecil di sekeliling kita, kalau kita tidak hati-hati, kita pasti terjatuh karenanya. Berhati-hatilah dan ingatlah untuk selalu sadar kapanpun kita melangkah.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…