Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Jika pada artikel sebelumnya, saya membahas tentang 3 Hal Penting Sebelum Makan Buah, maka pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai jus buah. Pada dasarnya yang perlu kita perhatikan sama, tetapi dalam menjus buah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Pastikan kita sudah memahami betul 3 Hal Penting Sebelum Makan Buah pada artikel yang lalu. Karena bagaimanapun, buah yang kita jus itu akan sama dengan apa yang kita makan (tanpa di jus).

Jangan Ditambah Gula!

Penting untuk kita ketahui bahwa di dalam buah mengandung Fruktosa. Dan fruktosa tersebut sudah ada takarannya sendiri masing-masing buah. Jika ingin buah yang kita jus bermanfaat bagi tubuh, biarkanlah buah di jus tanpa menambahkan gula.

Memang… rasanya tidak mengenakkan di lidah, tapi justru baik untuk saluran pencernaan kita. Jika kita menambahkan gula, itu hanya akan memberburuk kualitas buah yang kita jus.

Jika kita ingin menambah pemanis pada buah yang kita jus, tambahkanlah sedikit madu, karena manisnya madu adalah murni, bukan ditambah-tambahkan gula. Tapi ingat, hanya sedikit saja, dan jangan terlalu berlebihan.

Jangan Ditambah Susu!

Jika ditambah gula saja sudah buruk bagi saluran pencernaan, apalagi ditambahkan susu. Bahkan, menambahkan susu sachet atau susu kental manis itu sama saja kita menambahkan 20 bungkus gula kecil yang biasa ada di hotel. Bukankah itu malah memperburuk? Apalagi untuk penderita diabetes, bukannya malah sehat, malah tambah parah.

Gunakan Putaran Rendah!

Di dalam buah, ada enzim yang sangat berguna untuk tubuh kita. Enzim-lah yang berjasa sebagai bahan bakar segala aktivitas yang ada di dalam tubuh kita. Tanpa enzim, maka proses kerja organ tubuh maka akan terganggu.

Kabar buruknya, enzim yang ada di buah itu akan hilang jika dibiarkan terkena udara (oksidasi) dan juga akan hilang jika terkena panas di atas sekitar 45o. Dan biasanya para pembuat jus di luaran sana sering sekali menggunakan putaran yang sangat kencang, sehingga suhu di dalam mesin jus (juicer) meningkat, bahkan jika ditambah es batu pun, es tersebut akan meleleh. Bila es saja akan cepat mencair, apalagi enzim.

Bisa dipastikan setelah enzim hilang, maka jus buah yang kita minum akan hilang manfaatnya. Jangalah terlalu percaya dengan sticker-sticker yang di tempel di tempat penjual jus, jika cara membuat jus nya saja selalu salah. Saya sendiri jika membeli jus selalu berpesan kepada yang menjual untuk tidak menambahkan gula ataupun susu, dan juga selalu saya ingatkan untuk menggunakan putaran rendah, agar enzim di dalam buah tetap terjaga.

Demikianlah 3 Hal Penting Sebelum Mengkonsumsi Jus yang perlu kita ketahui, tentunya setelah mengetahui hal ini, kita akan lebih cermat dalam mengkonsumsi buah ataupun jus buah.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…