Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Buah memang sangat nikmat untuk dikonsumsi, bagi kita buah tentunya sangat kita sukai, apalagi jus buah, santapan nikmat untuk penyegar dahaga kita yang selalu kita bisa dapatkan kapan saja kita mau dengan membelinya, ataupun membuatnya sendiri di rumah.

Tetapi, ternyata mengkonsumsi buah tidak semudah itu, ada peraturan-peraturan dasar yang perlu kita perhatikan dalam mengkonsumsi buah. Banyak budaya-budaya atau tradisi yang sudah turun-temurun kepada kita, sehingga jika tradisi budaya tersebut salah, maka seterusnya akan salah. Dan jika ini sudah melekat di dalam benak kita, tentunya ini akan berakibat bagi kesehatan kita.

Selama buah di konsumsi dengan cara yang benar, maka buah akan baik bagi tubuh, tubuh akan sangat senang sekali menerima asupan dari buah. Tetapi jika cara mengkonsumsi buah yang salah, maka buah tersebut hanya akan menjadi sampah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Pastikan Buah Matang

Sebelum kita mengkonsumsi buah, pastikan terlebih dahulu bahwa buah yang kita beli atau kita petik sudah matang sempurna (matang pohon). Sebab jika belum matang secara sempurna, buah tidak akan begitu bermanfaat terhadap tubuh kita, karena buah tersebut belum saatnya untuk dipetik, dalam kata lain, asupan-asupan yang dikirim ke buah dari pohon terputus karena sudah dipetik sebelum waktunya matang.

Biasanya buah yang matang sempurna bisa dilihat dari kondisi buah, tidak busuk dan juga tidak terlalu keras untuk dipegang. Dari warna juga kita bisa lihat. Untuk buah rambutan, tentu yang warna merah akan lebih baik ketimbang warna hijau (tentu tergantung juga dari jenis-jenis rambutannya), untuk pepaya, tentu warna yang agak kekuningan akan lebih baik daripada warna hijau (yang untuk sayur).

Pastikan Buah Tidak Teroksidasi[1]

Banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui tentang oksidasi ini, sehingga buah yang dimakan bisa dipastikan tidak akan bermanfaat bagi tubuh karena buah sudah terlanjur mengalami proses oksidasi.

Seperti layaknya besi yang lama-kelamaan akan berkarat karena terkena udara, buah juga bisa teroksidasi. Bayangkan, jika besi saja bisa teroksidasi, apalagi dengan buah? Tentunya buah yang teroksidasi akan kekurangan nutrisi yang terkandung (enzim buah) daripada buah yang belum teroksidasi.

Jadi, sebelum kita mengkonsumsi buah, pastikan buah belum mengalami oksidasi. Caranya mudah, setelah membeli buah, pastikan kita mengkonsumsinya bersamaan dengan mengupasnya. Jadi setelah mengupas buah, sebisa mungkin dan segera mungkin langsung dikonsumsi. Jangan biarkan buah tersebut terlalu lama terkena udara, apalagi udara di dalam kulkas.

Pernah melihat buah yang berubah bentuk dari bentuk bagus ke bentuk agak lembek?  (mangga yang menghitam, apel yang menjadi cokelat, buah pir yang menjadi cokelat). Itulah buah yang sudah teroksidasi.

Pastikan Mengkonsumsi Sebelum Memakan Apapun

Ini dia salah satu tradisi yang sudah turun temurun di kalangan masyarakat di sekitar kita. Yaitu mengkonsumsi buah setelah makan berat. Banyak alasan yang sering kita dengar, seperti buah sebagai pencuci mulut, atau buah sebagai makanan penutup.

Perlu diketahui, buah adalah makanan yang mudah sekali diserap nutrisi nya oleh tubuh. Oleh karena itu, jika buah terlalu lama tidak diproses oleh tubuh, maka buah tersebut malah akan menjadi sampah bagi tubuh.

Jika kita mengkonsumsi makanan berat (nasi+lauk pauk) dan setelah itu memakan buah, maka tubuh akan memproses makanan berat tersebut terlebih dahulu barulah tubuh memproses buah. Jika itu terjadi, maka buah yang kita konsumsi akan menjadi sampah bagi tubuh, tidak akan berguna sedikitpun.

Yang paling baik adalah, buah dikonsumsi sekitar 15-30 menit sebelum makan berat, agar tubuh bisa menyerap semua nutrisi yang ada di dalam buah. Barulah setelah itu kita makan berat.

Itulah ketiga hal penting sebelum kita mengkonsumsi buah. Ketiga hal tersebut sangat amat perlu kita perhatikan, karena jika kita salah-salah mengkonsumsi buah tersebut, yang pasti buah tidak akan berguna untuk tubuh kita.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillahirabbil’alamiin…


[1]. Oksidasi adalah interaksi antara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda.