Bismillahirrahmaanirrahiim…

Saat saya masih kecil (sekitar SD lah kira-kira), saya selalu kagum dengan permainan puzzle kotak kubus berwarna-warni dengan jumlah kotak 3X3X3, saat itu saya belum tahu namanya, tapi karena penasaran akhirnya saya mencoba menyelesaikan puzzle tersebut. Setelah berjuang keras, saya tetap tidak bisa menyelesaikan puzzle tersebut. Ada beberapa orang yang bisa menyelesaikan puzzle tersebut, tetapi hanya 1 sisi saja, ada yang tidak bisa sama sekali, ada yang baru begitu melihat saja sudah tidak mau mencoba. Macam-macam memang reaksi seseorang ketika diperlihatkan sebuah masalah.

Rubik's Cube

Rubik’s Cube

Setelah kira-kira sepuluh tahun lebih saya tidak menyentuh mainan tersebut, ketika saya sedang browsing di internet, saya akhirnya mengetahui bahwa puzzle tersebut bernama Rubik’s Cube, Puzzle yang berbentuk kubus dengan sisi yang berwarna-warni, dengan ukuran yang berbeda, ada yang 3X3X3, ada yang 4x4X4, bahkan ada juga yang 7X7X7. Benar-benar puzzle yang rumit dan sangat menantang untuk diselesaikan.

Akhirnya, karena penasaran, saya mencari tutorial Rubik’s Cube tersebut di internet, sampai akhirnya saya menemukan video tutorialnya yang mengajarkan step by step bagaimana cara menyelesaikan puzzle tersebut. Tidak lupa, saya juga membeli puzzle tersebut untuk latihan. Setelah seharian penuh saya mencoba melatih jari-jari saya untuk berlatih menyelesaikan Rubik’s Cube tersebut, akhirnya saya bisa menyelesaikan puzzle itu dalam waktu 1 minggu. Alhamdulillah

Ternyata puzzle ada hubungannya dengan diri kita, bahkan dengan kehidupan kita. Puzzle Rubik’s Cube tersebut menggambarkan sebuah kehidupan kita, saat pola nya tersusun rapih, berarti hidup kita sudah rapih. Dan warna-warna yang saling berantakan itu ibarat sebuah masalah, dan kita harus menyelesaikan masalah tersebut dengan hati-hati. Saat baru belajar puzzle tersebut memang agak sulit untuk menyelesaikannya, tetapi jika kita terus latihan, maka akan terasa mudah.

Begitupun dengan hidup kita, bila kita menghadapi suatu kesulitan, memang pertama nya agak sulit bagi kita, tetapi bila kita tidak selesaikan, maka kesulitan itu akan sama nya dengan puzzle tadi, tetap seperti itu sampai bisa diselesaikan. Bahkan saat puzzle itu selesai pun (menggambarkan kehidupan kita bahwa kesulitan sudah berakhir), kadang ada orang lain yang mencoba merusak puzzle (kehidupan) kita terseubut. Yang otomatis, kita sebagai pemilik, harus tetap merapihkannya kembali. Begitu seterusnya.

Hidup ini seperti puzzle, kita harus selesaikan terus setiap kesulitan dan masalah kita, susunlah secara perlahan. Lebih baik di susun secara perlahan, yang akhirnya akan selesai, daripada kita membiarkannya begitu saja. Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga bagi saya bisa belajar dari sebuah puzzle.

Hidup ini seperti Puzzle, Selesaikanlah Puzzle tersebut atau Puzzle itu akan tetap berantakan”

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillah…