Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Pada artikel sebelumnya tentang Hidup Sehat Sebagai Rasa Syukur, saya sudah memaparkan sedikit tentang bagaimana seharusnya kita hidup sehat, menjaga kesehatan tubuh kita ini dengan tidak merusak tubuh kita tentunya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan dasar pemahaman tentang hidup sehat yang saya dapatkan dari 2 buah buku yang memaparkan logika penting tentang kesehatan.

Hidup Sehat Solusinya
Saya ingat dulu ketika saya mau diet karena berat badan saya yang begitu tinggi, saya mencari berbagai cara untuk diet (terlebih saya mencari cara untuk diet instan), saya mencari di Google tentang suplemen untuk diet, dan sampai mencari artikel-artikel tips diet yang baik dan benar.

Sampai akhirnya saya menemukan banyak tips tersebut dan membeli beberapa e-book tentang diet dan juga membeli beberapa suplemen diet, ternyata itu tidak membantu. Dikarenakan pola makan saya dan konsep diet saya masih salah.

Akhirnya saya bertemu dengan salah satu teman saya di salah satu percakapan di Yahoo! Messenger. Dia berkata bahwa diet yang benar itu adalah dengan cara Hidup Sehat dan menjaga pola makanlah intinya. Dari situlah saya sadar bahwa diet itu adalah 2 hal, yang pertama itu adalah dengan menjadikan diri kita sehat, yang kedua adalah menjaga pola makan kita.

Percuma juga berarti jika kita memakan banyak suplemen apapun jika itu hanya membuat tubuh kita tidak sehat, dan kita tetap tidak menjaga apa yang kita makan. Itu hanya akan berefek buruk ke tubuh kita nantinya.

Pencarian Hidup Sehat
Pencarian tentang Hidup Sehat dimulai ketika saya membuka twitter saya dan melihat salah satu user yang sering kultwit1 tentang kesehatan dan pola makan sehat. Salah satu tweet yang membuat saya akhirnya membeli buku dia adalah seperti ini : “Saat tubuh sehat, tubuh akan menyesuaikan beratnya sendiri”. Wah! ini keren banget menurut saya, berarti inti dari diet itu adalah menyehatkan tubuh. Dari situ lah kemudian saya membeli buku nya tersebut, dan memang isi buku nya itu sangat masuk akal untuk di praktekkan. Dan akhirnya sekarang… Alhamdulillah berat badan saya terus menurun dengan membuat tubuh saya sehat…

Sehat Bukan Dengan Obat
Saya yakin, ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kita tubuh ini dengan suatu kemampuan Self Healing yang membuat tubuh kita bisa menyembuhkan dirinya sendiri tanpa bantuan obat. Pendapat ini mungkin agak aneh bagi sebagian orang, tetapi coba kita lihat jauh ke belakang pada saat Rasulullah SAW hidup. Beliau sangat menjaga apa yang dia makan, dan beliau tetap sehat-sehat saja, bahkan selama hidupnya, beliau hanya terkena 2X penyakit saja (menurut beberapa riwayat).

Ini merupakan suatu bukti bahwa dulu Rasulullah SAW itu sehat bukan dengan obat, melainkan dengan menjaga apa yang beliau makan. Dengan demikian, saya tetap yakin kita bisa sehat tanpa bantuan obat sekalipun.

Saat ingat ketika saya masih berumur belasan tahun (sekitar umur 15 tahun), Saya mempunyai penyakit batuk yang cukup parah, saking parahnya, batuk tersebut tidak bisa sembuh dalam waktu beberapa minggu, beda dengan yang lain yang memiliki penyakit batuk yang bisa sembuh dalam waktu beberapa minggu saja.

Penyakit batuk saya tersebut paling cepat sembuh itu sekitar 1 bulan. Dan jika belum 1 bulan, penyakit batuk tersebut belum bisa sembuh. Akhirnya Ibu saya membawa saya ke Dokter untuk di periksa. Setelah pulang dari Dokter, tentu akan ada obat yang di bawa pulang dengan berbagai macam bentuk, ada obat cair (syrup), ada tablet, ada yang bubuk juga.

Dan saya harus meminum obat itu sampai obat itu habis. Tetapi ternyata sampai obat itu habis pun, sakit batuk saya tidak tersembuhkan juga. Akhirnya saya dengan beranikan diri untuk tidak meminum obat lagi, karena saya begitu tidak percaya dengan obat tersebut. Hehehe

Akhirnya sekarang saya tahu, dengan meminum obat kita tidak bisa sehat sepenuhnya. Obat memang membantu kita untuk sembuh dari penyakit, tetapi tidak untuk sehat. Sehat itu masalah bagaimana kita menjaga tubuh kita agar tetap maksimal menjalankan berbagai macam fungsi nya. Sembuh dan Sehat itu sangatlah berbeda, Sembuh itu belum tentu kita sehat, sedangkan Sehat itu sudah bisa dipastikan bahwa kita sudah sembuh dari suatu penyakit dan tubuh kita bekerja dengan maksimal.

Kesimpulan
Jika memang saat ini kita dalam keadaan kurang sehat, tentu ada yang salah dari cara makan kita, atau pola hidup kita. Dengan sedikit memperbaiki kebiasaan-kebiasaan kecil kita, kita bisa membuat tubuh kita sehat dan berjalan normal seperti biasanya. Hidup Sehat adalah masalah bagaimana kita menjaga tubuh kita agar tetap berjalan normal dengan cara merubah kebiasaan makan kita, kebiasaan minum kita, kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan kita. Dengan demikian kita tidak menjadi tergantung terhadap obat-obatan lagi atau makanan yang katanya sehat.

Semoga bisa menginspirasi Anda

Alhamdulillah…


1. Kultwit adalah singkatan dari Kuliah Twitter, dimana ilmu bisa di sharing oleh pemilik akun Twitter dalam 140 karakter secara terus menerus