Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Banyak orang yang sering mengatakan dengan jelas, memberi contoh dengan jelas, memberi nasihat dengan jelas kepada kita bahwa kita seharusnya bersyukur kepada ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala. Ada yang bilang “Bersyukur dong, kan habis dapet rezeki” ada juga yang bilang “kalau dapet rezeki, harus bersyukur“, dan masih banyak lagi definisi syukur menurut orang lain yang sering diperdengarkan di telinga kita. Baiklah… Berarti intinya itu adalah jika segala sesuatu yang kita terima, kita harus bersyukur… Tapi dengan cara apa? Apakah ada cara real nya?

Apakah cukup dengan menyebut asma ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala yaitu “Alhamdulillah“? Kalau menurut saya sih, mengucapkan “Alhamdulillah” itu sangat baik, selalu mengingat pemberian-Nya kepada kita. Tapi bagi saya, ada hal yang kurang… Bahkan di salah satu kesempatan ketika saya kuliah, Kang Aga pernah bilang, “Kalau cuma Alhamdulillah, orang yang non Islam pun bisa menyebutnya“. Nah dari situlah pemikiran artikel ini akan berlanjut. Intinya adalah kita harus melakukan secara real apa yang kita syukuri, tidak hanya sekedar di lisan saja.

Sebagai contoh, hal yang selalu dilupakan oleh banyak orang adalah tentang Kesehatan. Banyak orang yang terus bersyukur sudah di beri kesehatan yang berlimpah oleh ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala, tetapi mereka tidak melakukan secara real untuk tetap menjaga kesehatan mereka. Sekali lagi… kalau hanya mengucap “Alhamdulillah” sih orang non Islam pun bisa, tapi implementasi dari rasa syukur itu lah yang terpenting untuk di amalkan. Misalkan dengan menjaga kesehatan kita, memberikan hal optimal atas setiap langkah yang kita pijakkan di bumi ini, mengupdate ilmu tentang kesehatan yang juga akan membuat diri kita akan lebih sehat.

Sebagai contoh, rasa syukur atas kesehatan yang ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala telah berikan kepada kita adalah dengan menjaga kondisi badan kita tetap sehat, menjaga diri kita agar tidak terlalu capek, tidak merusak diri kita dengan merokok dan minum alkohol, tidak sembarangan mengkonsumsi obat-obatan, tidak makan sembarangan, dan masih banyak lagi rasa syukur secara real yang harus kita implementasikan dengan nyata, tidak hanya sekedar ucapan saja.

Karena tidaklah pantas kita untuk merusak diri kita. Logikanya simpel saja… ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala setiap harinya memberikan kita kesempatan untuk hidup sehat, diberikan rezeki setiap saat untuk bisa melihat dunia-Nya yang indah ini, tetapi jika kita hanya bisa merusak diri kita sendiri dan tidak menjaga apa yang telah di amanahkan oleh-Nya, kita termasuk orang yang tidak tahu diri, tidak berterima kasih kalau kita sudah diberi kesehatan oleh-Nya. Maka dari itulah penting sekali untuk kita menjaga kesehatan diri kita sendiri dan menghindarkan hal-hal yang membuat diri kita sakit.

Perintah ALLAH di Al-Qur’an
ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an pada Surat Al-Baqarah, ayat 195, yang artinya :

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala memberi perintah kepada kita bahwa janganlah kita menjatuhkan diri kita sendiri ke dalam kebinasaan. Mungkin bisa lebih diperjelas bahwa intinya kita harus senantiasa menjaga kesehatan yang kita dapat, dan janganlah kita merusak diri kita sendiri (dengan tidak merokok, tidak minum alkohol).

Kesimpulan
Bila ALLAH Subhaanahu Wa Ta’ala yang sudah memerintahkan kepada kita, harusnya kita lebih mengerti akan hal tersebut, dan menyegerakan mengerjakan perintah-Nya. Bukan malah mencari alasan-alasan lain untuk tidak mengerjakan perintah-Nya.

Sebagai penutup dari artikel ini, beberapa hari ke depan, saya akan share beberapa tips hidup sehat untuk bisa Anda aplikasikan di dalam hidup Anda.


Referensi bacaan :

Surat Al – Baqarah Ayat 191 S.d 200