Banyak sudah fenomena di sekitar kita atas banyaknya orang yang sampai saat ini belum menghabiskan makanannya ketika mereka makan, dan meninggalkannya begitu saja dengan meninggalkan beberapa potong daging ayam, nasi yang masih tertumpuk dengan alasan “sudah kenyang” dan alasan-alasan yang tidak masuk akal lainnya.

Padahal mereka sendiri-lah yang memesan makanan itu di warung-warung atau restoran favorit mereka, dengan sombongnya mereka memesan banyak makanan dan mereka yakin akan menghabisi makanan tersebut. Tapi ternyata di tengah jalan, mereka kekenyangan dan akhirnya mereka meninggalkan tempat makan itu begitu saja, meninggalkan piring yang masih penuh dengan makanan.

Ketika mereka di tanya :

(A) Kok lo ga abisin sih makanannya?

(B) yaelah gue udah kenyang, lagian kalo gue laper gue tinggal beli lagi kok

Sementara Itu
Diluaran sana, banyak sekali Pengemis, Pemulung, Ibu-Ibu yang  membawa bayi yang masih berusia beberapa bulan, Kakek-Kakek yang sangat kesulitan mencari makanan untuk sehari-harinya. Untuk makan dirinya saja susahnya setengah mati, apalagi untuk menafkahi keluarganya.

katakanlah makan di Warteg itu sekitar 5 Ribu Rupiah untuk orang sederhana seperti mereka, dan katakanlah pekerjaan mereka adalah tukang becak atau tukang ojek yang per hari nya penghasilannya belum tentu mencapai segitu. Iya kalau lagi ramai, kalau lagi sepi? hanya haus dan lapar yang mereka dapatkan.

Nasihat Nenek Saya
Saat Saya masih kecil (seumur anak SD lah), Nenek Saya berpesan kepada Saya, “kalau makan dihabiskan, nanti kasihan nasi nya menangis” dan “jangan sisakan satu nasi pun di piring ya”. Dan sampai saat postingan ini di tulis, Alhamdulillah Saya masih menjalankan nasihat Nenek Saya tersebut, karena Saya tahu betul bagaimana sulitnya seseorang mencari makanan.

Sempat ada yang bertanya kepada Saya, “kalau emang kenyang bagaimana?”, “kan itu sudah 1 porsi dari sana nya!”. Maka dalam postingan ini akan Saya jawab beberapa pertanyaan yang mirip dengan pertanyaan di atas.

Tips dari Saya
Mungkin bagi Anda yang memang sudah tau kalau porsi makan Anda sedikit, dan memang Anda selalu cepat kenyang, Anda bisa mensiasatinya dengan cara memesan setengah porsi makanan saja, atau dengan mengurangi porsi nasi nya, kalau memang Anda makan di resto yang bisa memesan setengah porsi seperti di Warteg atau di Warung Masakan Padang.

Tetapi jika Anda makan di tempat resto yang menu nya memang sudah 1 paket atau 1 porsi, jika memang tidak habis, Anda bisa membungkusnya untuk kemudian di bawa pulang, Anda bisa melanjutkan makan lagi di rumah.

Yang terpenting adalah, makanan yang Anda makan tidak mubazir atau terbuang begitu saja di resto yang Anda makan. Karena jika Anda makan di luar, maka sisa-sisa makananan tersebut akan langsung di buang ke tempat sampah, bukankah itu sama saja Anda membuang-buang makanan (mubazir)?

Kesimpulan
Mungkin video di bawah ini bisa menjelaskan Kesimpulan dari postingan ini. Habiskanlah Makananmu!

Alhamdulillah…