Jika Anda sudah membaca postingan tentang Hidup Bermasyarakat (Bagian 1/3), Anda pasti sudah mengetahui bagaimana Kami tinggal dan bagaimana Kami hidup secara bersamaan di Desa Lemah Duhur, Cimande, Bogor.

Ya seperti itulah kehidupan Kami, ada susahnya, tetapi juga ada kebersamaannya, terutama ketika beberapa event terjadi di Desa sana. Kami mengadakan beberapa rangkaian acara yang tersusun rapih dari awal acara sampai akhir acara yang melibatkan tim kelompok KKN Kami.

Beberapa Acara itu diantaranya adalah :
– Seminar KB (Keluarga Berencana)
– Seminar Motivasi dan Edukasi
– Tabligh Akbar dan Motivasi Ramadhan
– Pemutaran Film Edukasi
– Lomba Futsal
– Dan masih banyak rangkaian acara kecil lainnya

Seminar KB (Keluarga Berencana)
Acara pertama Kami ketika Kami datang ke sana adalah Seminar KB (Keluarga Berencana). Walaupun Peserta ternyata kebanyakan adalah Ibu-Ibu yang lanjut usia, tetapi Kami tetap berfikir posifit saja, siapa tahu nanti Ibu-Ibu lanjut usia menceritakan tentang Seminar ini ke kerabatnya, ke anak-anaknya, dan juga ke keluarganya.

Seminar ini sukses dengan datangnya Kepala Desa, juga banyak Ibu-Ibu yang datang. Ada juga beberapa anak-anak remaja yang datang. Tentu ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi Kami.

Seminar KB

Gambar 1. Seminar KB

Seminar KB

Gambar 2. Seminar KB

Seminar KB

Gambar 3. Kepala Desa

MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik)
Oh iya, selain acara tersebut di atas, Kami juga berpartisipasi dalam acara MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) pada SMP Satu Atap Cimande dan juga SMK Bakti Chandra. Yah, hitung-hitung kita bisa mendapatkan kesempatan untuk memberikan sesuatu yang baru terharap adik-adik kelas SMP dan SMK yang baru pertama kali menempuh jenjang barunya. Dengan harapan, Kami bisa membantu para OSIS untuk acara MOPD nya.

MOPD SMP

Gambar 4. MOPD SMP

MOPD SMP

Gambar 5. MOPD SMP

MOPD SMP

Gambar 6. MOPD SMP

MOPD SMP

Gambar 7. MOPD SMP

MOPD SMP

Gambar 8. Dari Kiri ke Kanan (Depan) Alfi, Titto, Saya (Imam), Malia, Dayat, Umar, Rajesh, Azis
(Belakang) Wawan, Frizan, Endy, Jaka

MOPD SMK

Gambar 9. MOPD SMK

MOPD SMK

Gambar 10. MOPD SMK

Jajanan SD
Beruntung acara MOPD yang Kami laksanakan tempatnya memang berdempetan1 dengan SD Negeri Cimande 02. Nah yang namanya SD itu biasanya ada tukang yang menjual makanan unik, dan yang pasti harganya murah, sekitar Rp.500 – Rp. 1000.

Mengetahui keadaan tersebut, Kami yang sedang istirahat dalam acara MOPD, langsung menyerbu tukang jualan tersebut. Makanan yang dijual bervariasi, ada Nugget, Sosis, Cilok, Pempek, Mie Tusuk, dan juga ada Es Teh.

Benar-benar Kami serasa kembali ke zaman SD

Jajanan SD

Gambar 11. Jajanan SD

Jajanan SD

Gambar 12. Jajanan SD

Perlombaan Futsal
Karena ini di Desa, jadi sebenarnya Futsal di sini bukan Lomba yang di adakan di tempat indoor2 seperti yang ada di kota-kota, tetapi Lomba ini Kami laksanakan di lapangan terbuka yang berada tepat di belakang sekolah SD Negeri Cimande 02.

Peserta nya adalah anak-anak seumuran SD sampai SMP. Lomba ini Kami adakan untuk melihat seberapa besar antusias dari para anak-anak generasi muda dan juga untuk melihat kemampuan mereka dalam bermain bola. Ternyata… kemampuan mereka cukup bagus 🙂

Perlombaan Futsal

Gambar 13. Perlombaan Futsal

Perlombaan Futsal

Gambar 14. Perlombaan Futsal

Perlombaan Futsal

Gambar 15. Foto bersama Dosen Pembimbing KKN

Pemutaran Film Edukasi
Acara Pemutaran Film Edukasi ini ada pada rangkaian acara MOPD SMK Bakti Chandra. Dan karena Saya yang bertanggung jawab atas acara ini, maka Film yang Saya putar berjudul “Taare Zameen Par3“.

Film yang mengisahkan seorang anak bernama Ishan yang memiliki keterbatasan mental yang bernama Dyslexia4, yang kemudian pada akhirnya bertemu seorang Guru yang mampu merubahnya menjadi murid yang pintar.
Acara ini sukses membuat sebagian besar anak-anak MOPD SMK menitihkan air mata nya. Benar-benar Film yang menginspirasi…

Pemutaran Film Edukasi

Gambar 16. Pemutaran Film Edukasi

Pemutaran Film Edukasi

Gambar 17. Pemutaran Film Edukasi

Pemutaran Film Edukasi

Gambar 18. Pemutaran Film Edukasi

Seminar Motivasi dan Edukasi
Kami pun mengadakan Seminar Motivasi dan Edukasi yang didukung oleh Tim ESQ 165. Di dalam Seminar ini, Pembicara nya adalah Mas Aan, memaparkan materinya tentang Belajar, tentang Kesuksesan, dan di akhir acara, ada acara renungan dan Do’a.

Tujuan acara ini pun sama dengan acara yang lainnya, yaitu ingin memberikan tambahan Motivasi dan Edukasi terhadap anak-anak SMP dan SMK di daerah Cimande.

Acara ini sukses di gelar dengan hadirnya lebih dari 70 anak SMP dan SMK di Cimande.

Seminar Motivasi dan Edukasi

Gambar 19. Seminar Motivasi dan Edukasi

Seminar Motivasi dan Edukasi

Gambar 20. Seminar Motivasi dan Edukasi

Sahur, Puasa dan Berbuka Puasa di Cimande
Sahur, Puasa dan Berbuka Puasa di Cimande yang Kami tempuh selama KKN memang dibilang unik. Saat Sahur tiba, mulailah terlihat siapa yang bangun sahurnya susah, dan juga tidak sedikit teman-teman Saya yang mengigau di tengah malam :D.

Saat puasa pun demikian, banyak juga teman-teman Saya yang tidur di siang hari, ada juga yang membaca Al-Qur’an, ada yang bermain gitar (Saya salah satunya), ada pula yang belum mandi (ini Saya juga pernah), ada pula yang mengisi waktu dengan menonton Film-Film Action. Yang pasti ini akan menjadi kenangan tersendiri untuk Saya dan teman-teman KKN.

Saat berbuka puasa, adalah saat yang Kami tunggu-tunggu bersama. Karena perbedaan waktu antara Bogor dan Jakarta (walaupun perbedaannya hanya beberapa menit), Kami harus menerka-nerka waktu yang tepat untuk berbuka puasa, mengingat di daerah sekitar suara Adzan kadang terdengar, kadang juga tidak. Jadi Kami mempercepat Berbuka Puasa Kami sekitar 3 menit, sebelum tanyangan Adzan di Televisi muncul.

Untuk menu berbuka puasa, yang paling favorit adalah Gorengan Risol dan Juga Es Teh Manis atau Es Buah. Dan hal yang paling mengesankan dan yang Saya saluti dari teman-teman KKN adalah, sebelum Adzan selesai (dengan dibacakan lafadz “LaaIlaahaIllallah…”), makanan berbuka puasa nya telah habis. Tidak sampai beberapa menit padahal. Hehehe

Mungkin saja mereka takut tidak kebagian Risolnya…

Menu Berbuka Puasa

Gambar 21. Menu Berbuka Puasa

Menu Berbuka Puasa

Gambar 22. Menu Berbuka Puasa

To be Continued…


1 Berdekatan

2 Di dalam ruangan

3 Taare Zameen Par (India), Stars on Earth (Inggris)

4 Kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis.