Dua Serigala

Dua Serigala
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Di dalam diri kita, ada 2 serigala. Kedua serigala ini selalu bertengkar. Yang pertama, serigala yang berisi amarah, iri, dengki, ego tinggi, bohong dan segala macam perasaan-perasaan negatif lainnya. Yang kedua, serigala yang berisi harapan positif, kegembiraan, bahagia, peduli, kasih, kebaikan, empati, dan segala macam perasaan-perasaan positif lainnya. Manakah serigala yang akan menang? Yang menang, adalah serigala yang sering kita beri makan. Begitulah diri kita sebenarnya, ada 2 sisi, sisi negatif dan sisi baik. Mana yang paling sering kita perhatikan, kita lakukan. Tentu yang kita sering lakukan yang menang. Kalau banyak berbuat baik, ya yang negatif juga Selengkapnya...

Satu Paket Masalah

Satu Paket Masalah
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Beberapa bulan kebelakang ini, saya sedang mengamati beberapa hal terkait kehidupan saya. Dan juga dalam beberapa bulan kebelakang, saya mengalami titik rendah di hidup saya pada tahun ini. Ibadah banyak ditinggalkan, hidup mulai berantakan, dan banyak hal lainnya yang membuat saya seperti “orang gila”. Saat seperti inilah banyak orang mulai terjebak untuk menyerah pada hidupnya, dan lalu “masa bodo” dengan hal yang lainnya. Saya bertaruh, Anda pasti pernah mengalaminya, bahkan mungkin ada beberapa diantara Anda yang sedang mengalami masa masa down di dalam hidup. Segalanya kacau balau, tidak tahu tujuan mau kemana, pokoknya hidup serasa blank Selengkapnya...

Dua Puluh Empat

Dua Puluh Empat
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Ini adalah artikel pertama saya di tahun 2016, sekaligus ini juga artikel pertama saya untuk kategori ulang tahun yang in sya Allah akan saya post terus setiap tahunnya. Saya sangat bersyukur bahwa saat saya mengetahui usia saya sudah menginjak 24 tahun, saya sudah diberikan banyak sekali keberkahan oleh Allah SWT, bahkan karena Allah terlalu baik kepada saya, saya sampai tidak bisa menysyukuri semua yang diberikan kepada saya. Tapi diantara semua itu, paling tidak ada beberapa hal penting yang saya bisa syukuri. Keluarga Alhamdulillah, sampai usia saya menyentuh angka 24, saya masih diberikan keluarga yang utuh, yang masih peduli dengan saya, yang masih setia Selengkapnya...

Setahun Sekali

Setahun Sekali
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Kebiasaan saya adalah saya senang ketika naik taksi, yang pertama adalah karena saya bisa mengobrol lebih banyak sama Pak Supir nya, yang tentunya masing-masing supir tersebut punya pengalaman yang membuat saya kagum, saya banyak sekali banyak dapat motivasi dan pelajaran berharga dari supir taksi. Alasan kedua adalah karena sebenarnya setoran supir taksi lebih banyak daripada setoran supir angkot, dan yang naik taksi pun jarang, oleh karena itulah saya senang naik taksi, karena bisa sambil berbagi rezeki kepada sesama pencari rezeki :). Alasan lainnya adalah, karena saya agak malas membawa mobil sendiri, karena kalau sudah macet, waktu saya terbuang sia-sia, Selengkapnya...

Prioritas

Prioritas
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Manusia seringkali terjebak dengan prioritas, lalu bingung mana yang harus di didahulukan, kalau salah menentukan prioritas, ya bisa kacau jadwal seharian atau bahkan bisa seminggu ke depan. Nah, saya pernah baca di suatu buku, ternyata urutan prioritas itu ada 4 (kalo temen-temen mau nambahin ya silahkan). Penting dan Mendadak Contohnya, kita lagi butuh uang, dan kita minjem lah sama temen. Akhirnya kita di kasih pinjeman uang, dan tiba2 besok yang mau minjemin uang mau ketemu (cuma bisa besok). Nah ini harus kita masukin ke prioritas paling atas, karena penting (kita butuh uang), dan juga mendadak (harus besok). Penting dan TIDAK Mendadak Contohnya, tiba-tiba Selengkapnya...

Ilmu Yang Bermanfaat

Ilmu Yang Bermanfaat
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Tanggal 30 April yang lalu saya chat dengan salah satu teman sekaligus guru saya yang ada di Batam. Singkat cerita, di akhir chat beliau bilang gini kepada saya, kurang lebih seperti ini: “yang kita bawa mati hanya 3, doa anak yang shaleh, amal jariyah, dan ilmu yang bermanfaat. mendidik anak shaleh, sekarang agak susah. Amal jariyah, emang berapa sih yang bisa dan mau kita amalkan? Yang paling mudah, ya ilmu yang bermanfaat tadi. Berbahagialah yg profesinya jadi guru…..sudah dibayar dapat barang yg dibawa mati pula” Dari chat tersebut, saya mengambil kesimpulan bahwa, bekal kita kelak nanti menuju kematian yang bisa kita persiapkan saat Selengkapnya...

Galau = Serakah?

Galau = Serakah?
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Kenapa sih kita galau? Pada dasarnya, apa yang kita lakukan terbagi menjadi 2, mencari kesenangan, dan menghindari sengsara. Jadi kalau di suatu posisi, ada kesenangan, orang akan mendekati, kalau ada kesengsaraan, orang akan menghindari. Bahasa kerennya, pain and pleasure. Nah, masalah kita kebanyakan, pain dan pleasure yang kita artikan seringkali tabrakan. Ada pertarungan ego di dalam diri kita yang sebenernya kita ga sadar. Contohnya: Kita tau bahwa melupakan mantan itu baik, tapi kenapa masih aja keingetan terus? (ini biasa yang sering galau) Kita tau kalau kita harus menjauhi orang yang ga baik, tapi kenapa kita kadang nyaman bersama orang yang ga baik tersebut Kita Selengkapnya...

Bisnis Jangan Sekedar Mencari Uang

Bisnis Jangan Sekedar Mencari Uang
Bismillaahirrahmaanirrahiim… Kita mengeluarkan uang (atau membeli sesuatu), karena kita berharap ada value yang kita dapat. Benar bukan? Dan itu artinya, seseorang mau mengeluarkan uang karena value yang ada di penjual. Jadi, mendapatkan uang sebenarnya adalah memberikan value bagi orang lain. Yang biasa kita sebut dengan jualan. Nah, pada prakteknya, ternyata masih ada saja orang yang bisnis, tapi tidak mengedepakan value kepada para pembelinya. Bisa dibilang, yah cuma mau dapet uangnya aja, masalah memberikan value ya masa bodo deh. Nah ini yang ga baik, namanya dzalim, tidak adil. Dan saya percaya yang model-model seperti ini akan cepat sekali bangkrut kok. Dari cara berjualannya saja Selengkapnya...

Mental Kaya dan Mental Miskin

Mental Kaya dan Mental Miskin
Bismillaahirrahmaanirrahiim… 5 tahun silam, atau lebih tepatnya saat saya masih mulai merintis berbisnis di internet, saya masih berfikiran kalau saya harus bisa mendapatkan uang dari internet. Bukan hanya itu, saya juga mencari cara agar apa yang lakukan semuanya harus minim keluar uang. Artinya, saya hanya keluar uang untuk hal-hal yang benar-benar penting. Akhirnya, tanpa sadar selama beberapa tahun saya menjadi orang yang bermental miskin. Saya masih menggunakan Windows bajakan, saya masih menyimpan lagu hasil download dari internet (meski sekarang juga masih ada beberapa), jika ada update ilmu Internet Marketing terbaru, saya lantas sering mencari download yang sudah tersedia tanpa pernah Selengkapnya...

Momentum Itu Sekarang

Momentum Itu Sekarang
Bismillaahirrahmaanirrahiim… “Mulai sekarang gua akan berubah”, “Oke gua ga akan nunda-nunda lagi mulai besok”, “Gua harus semangat!” Begitulah diri kita, membayangkan dengan penuh semangat, dan yakin dengan perubahan besar setelah menyusun rencana tersebut. Tapi sayangnya, semangat yang baru saja dikeluarkan, yang begitu membara, sekarang hanya menyisakan asap-asap semangat saja. Mungkin besok juga sudah kabur ke langit. Sudah jelas pada kata-kata di atas bahwa sebenarnya kita memang lebih sering menunda atas suatu perubahan. Buktinya, mau berubah saja harus menunggu esok hari, atau yang lebih parahnya ya hanya hangat-hangat tai ayam di awal, lalu hilang Selengkapnya...